Pemerintah Genjot Belanja Agar Ekonomi Tidak Nyungsep

Pekerja menyelesaikan pembuatan gantungan kunci di sentra UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) Desa Pucang, Secang Magelang, Jawa Tengah. Ditutupnya semua tempat wisata akibat wabah virus Corona (COVID-19) menyebabkan pembuatan cendera mata mengalami pengurangan produksi. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintahan Presiden Jokowi akan terus mendorong belanja negara besar-besaran untuk meningkatkan permintaan dalam negeri sehingga dunia usaha bisa kembali bergerak setelah dihantam pandemi Covid-19. Inijuga strategi agar ekonomi tidak nyungsep akibat virus ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah harus mengambil langkah luar biasa untuk mendorong pemulihan ekonomi pada kuartal ketiga dan keempat sehingga terhindar dari resesi.

“Belanja pemerintah didorong sebagai salah satu penggerak dan pengungkit perekonomian agar di semester kedua tahun 2020, sehingga kita bisa memperbaiki pertumbuhan ekonomi dari minus menjadi nol atau positif,” ujar Menko Airlangga dalam konferensi pers virtual, Rabu(29/7).

Dia menambahkan selain menggenjot belanja negara, pemerintah juga mempercepat implementasi dukungan untuk dunia usaha.

Menko Airlangga mengatakan salah satu dukungan pemerintah adalah menyediakan penjaminan kredit modal kerja dengan plafon Rp10 miliar hingga Rp1 triliun yang diharapkan bisa tersalurkan hingga Rp100 triliun hingga 2021.

Menurut dia, hingga kini wabah Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, selain itu aktivitas ekonomi global juga belum kembali ke normal seperti masa sebelum pandemi.

Berbagai lembaga internasional memperkirakan kontraksi ekonomi global pada 2020 pada kisaran minus 4,9 persen hingga minus 7,6 persen.

Indonesia pada kuartal kedua diproyeksikan akan mengalami kontraksi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah terus mencari cara memperbaiki kondisi perekonomian.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here