Pemimpin Gereja Kristen Ortodoks Fener-Yunani Sampaikan Terima Kasih pada Erdogan

Pemimpin Gereja Kristen Ortokok Fener-Yunani, Bartholomew

Indonesiainsiainside.id, Ankara–Melalui panggilan telepon, Pemimpin Gereja Kristen Ortodoks Fener-Yunani, Bartholomew mengucapkan rasa terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas pemulihan Biara Sumela. Biasa itu telah dibuka kembali oleh Erdogan dan siap untuk mengunjungi umum.

Turki akan membuka Biara Sumela, pusat wisata kepercayaan paling penting Turki, di distrik Macka, Provinsi Trabzon setelah direstorasi sejak Februari 2016.  Restorasi bertujuan untuk meneliti langkah pemeliharaan geologi dan geoteknis serta penguatan bagi bangunan yang berumur ratusan tahun itu.

Bagian halaman luas biara itu ditutup sementara untuk pengunjung pada September 2015 terkait risiko jatuhnya bebatuan.  Pada 25 Mei 2019 beberapa bagian dari situs itu kembali dibuka untuk pengunjung setelah penyelesaian restorasi tahap pertama.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa menghadiri upacara pembukaan biara itu untuk pengunjung setelah proses perbaikan dan restorasi di bagian dalam situs bersejarah itu selesai. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy, Gubernur Trabzon İsmail Ustaoglu dan pihak-pihak berwenang lainnya turut menghadiri upacara tersebut.

Biara Sumela dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak 2000.  Biara Sumela ditutup bagi pengunjung selama sekitar 5 tahun karena proyek restorasi untuk memindahkan batu-batu berbahaya di lereng, jaring kawat baja juga telah dipasang di daerah yang ditentukan oleh para ahli.

Restorasi di bagian dalam bangunan telah selesai, dan jalan untuk menghubungkan para pengunjung menuju tempat transportasi sudah dibuat. Umat Kristen Ortodoks pada 15 Agustus 2010 pertama kali mengadakan upacara keagamaan di Biara Sumela yang bersejarah setelah jeda 88 tahun. (AA/NE)

 

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here