Sebaik-baik Doa adalah di Hari Arafah, Ini Doanya

wukuf
Jutaan jamaah haji seluruh dunia berkumpul di padang Arafah untuk melaksanakan wukuf yang merupakan salah satu rukun haji. ANTARA FOTO/Hanni Sofia/pras.

Doa pada hari Arafah pada setiap 9 Zulhijjah sangat dianjurkan. Tak hanya bagi para jamaah haji yang melaksanakan ibadah haji, tetapi juga bagi umat Islam lainnya di mana pun mereka berada.

Sebaik-baik doa adalah doa hari Arafah. Hari Arafah adalah hari dilaksanakannya puncak ibadah haji, sebagaimana hadits Nabi SAW bahwa puncak ibadah haji adalah Arafah atau “Alhajju ‘Arafah”.

Hari Arafah mulia karena berada pada 10 hari awal Zulhijjah. Kemuliaan 10 hari awal Zulhijjah ini diabadikan dalam al-Quran, Surah Al-Fatihah Fajr.

وَلَيَالٍ عَشْرٍ
(Wa layālin ‘asyr)

“Dan malam yang sepuluh” ( Quran Surat Al-Fajr Ayat 2)

Maknanya adalah, Allah SWT bersumpah dengan sepuluh malam pertama pada bulan Zulhijjah. Mahasuci zat yang memuliakan ummat ini, dan membuka baginya dengan tangan nabinya yang penuh kasih sayang pintu-pintu keutamaan dan kemuliaan yang banyak.

Tidaklah suatu kaum melakukan suatu amalan yang besar dan amalan tersebut tidak diberikan kepada kaum lainnya melainkan Allah telah menjadikan suatu amalan untuk mengalahkan kaum lainnya, atau mendahulukan kaum tersebut diatas kaum lainnya, sehingga setiap kaum berada di atas keutamaan yang sama.

Di antara sebab penyebutan ayat : { وَلَيَالٍ عَشْرٍ } yaitu 10 hari yang telah dikenal oleh orang-orang yang telah mendengarkan tentangnya. Penyebutan lafazh ini dengan tanwin adalah pengagungan untuknya, dan tidak ada hari-hari dalam satu tahun 10 hari yang agung berturut-turut seperti 10 hari Zulhijjah yang di dalamnya kaum muslimin menunaikan ibadah haji, ihram, masuknya kaum muslim dari berbagai belahan dunia ke kota Makkah, dan thawaf.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here