Pergerakan Penumpang Transportasi Meningkat Selama Libur Idul Adha

Polisi menghentikan sejumlah kendaraan yang lewat di pintu masuk Pelabuhan Merak di Cilegon, Banten, Indonesia, Selasa (19/5/2020). Agensi Anadolu/Eko Siswono Toyudho

Indonesiainside.id, Jakarta – Pergerakan penumpang transportasi umum pada masa Libur Idul Adha di sejumlah simpul transportasi seperti di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan terpantau meningkat di banding hari biasa.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, mengatakan pihaknya telah memprediksi akan terjadi peningkatan penumpang pada hari Raya Qurban tersebut karena jatuh pada Jumat (31/7), yang berarti akan ada libur panjang akhir pekan (long weekend).

“Berdasarkan pantauan kami, sejumlah penumpang transportasi umum mengalami peningkatan di banding hari biasa. Kami meminta kepada para operator transportasi dan penumpang agar tetap disiplin untuk mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 pada transportasi umum,” katanya.

Berdasarkan pantauan, peningkatan jumlah penumpang terjadi di Bandara Soekarno Hatta sekitar 16 persen di bandingkan hari biasa.

Pada Kamis (30/7) menjadi puncak pergerakan penumpang yaitu mencapai 37.000 lebih penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang pesawat perharinya di Bandara Soetta juga diikuti dengan peningkatan pergerakan pesawat sebesar 13 persen, yaitu sebanyak 460 lebih pergerakan pesawat perhari.

Selain di Bandara Soetta, peningkatan jumlah penumpang harian juga terjadi di Bandara Juanda Surabaya dan Yogyakarta (YIA).

Di Bandara Juanda Surabaya, terjadi peningkatan jumlah penumpang harian sekitar 11.000 lebih penumpang perharinya, dibandingkan dengan hari biasa yang hanya mencapai 5.000 penumpang per harinya.

Sementarai itu, di Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA), juga mengalami peningkatan sekitar 31 persen dibanding hari biasa, dengan jumlah penumpang perharinya mencapai 3600 lebih penumpang, baik yang tiba maupun yang berangkat dari YIA.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here