BPS: Kunjungan Wisatawan Turun Tajam

Wisatawan domestik mengunjungi destinasi wisata di Tanah Lot. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wisatawan mulai berdatangan ke berbagai destinasi wisata di Indonesia seiring berlakunya relaksasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, tetapi penurunannya masih tajam pada Juni 2020.

BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia pada Juni 2020 mencapai 160.280 kunjungan, turun 2,06 persen dibandingkan Mei 2020 atau penurunannya mencapai 88,82 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Pengaruh Covid-19 luar biasa dalamnya bagi sektor pariwisata. Namun setelah adanya relaksasi PSBB, terlihat ada geliat pariwisata tapi posisinya masih jauh sekali dari posisi normal,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto saat menggelar konferensi pers secara virtual di Jakarta, Senin(3/8).

Suhariyanto memaparkan bila di tahun-tahun lalu wisman memilih Pulau Bali untuk berwisata. Namun karena Bali sempat ditutup dan baru dibuka kembali minggu lalu, maka kali ini pergerakan wisman paling besar terjadi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, yang mengalami kenaikan 130,13 persen pada Juni 2020 dibandingkan Mei 2020.

Dengan demikian, secara kumulatif pada Januari–Juni 2020 jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 3,09 juta kunjungan atau turun 59,96 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 7,72 juta kunjungan.

Jumlah kunjungan wisman ini terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 1,60 juta kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 746,02 ribu kunjungan, dan pintu masuk darat sebanyak 741,33 ribu kunjungan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here