Sebarkan Informasi Sesat, IDI Minta Aparat Tindak Hadi Pranoto

Indonesiainside.id, Jakarta –  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta aparat penegak hukum menindak tegas pria bernama Hadi Pranoto yang mengklaim telah menemukan obat herbal antibodi Covid-19. IDI menilai Hadi Pranoto telah menyebarkan informasi yang menyesatkan masyarakat.

“Ini informasi yang menyesatkan,” kata Jurubicara IDI, dr Erlina Burhan, di Jakarta, Senin (3/8). Dia menyebut sampai saat ini belum ada pihak yang berhasil menemukan obat yang ampuh untuk menyembuhkan orang yang terinfeksi Covid-19.

“(Masyarakat) jangan langsung percaya,” ucap Erlina. Dia lalu meminta aparat penegak hukum menindak tegas Hadi Pranoto karena dinilai telah menyebarkan informasi sesat. “Seharusnya ditindak karena meresahkan,” ucap Erlina.

Sebelumnya, video di kanal Youtube milik musisi Anji, beberapa waktu lalu, menuai kontroversi. Dalam sebuah videl, Anji mewawancarai Hadi Pranoto yang disebutnya sebagai profesor dan pakar mikrobiologi.

Hadi Pranoto mengkalim telah menemukan obat Covid-19 yang telah menyembuhkan ribuan pasien. Obat tersebut adalah antibodi Covid-19 berbahan herbal serta telah diberikan kepada ratusan ribu orang di Sumatera, Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan.

“Kita sudah bagikan hampir 250.000 lebih, kita sudah bagikan ke masyarakat, mereka sudah konsumsi dan alhamdulillah yang sudah terinfeksi sembuh semua,” kata Hadi melalui kanal Youtube dunia Manji. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here