Indonesia Kaya Herbal: Dari 143 Juta Hektare Hutan Tropis, 80 Persen Tanaman Obat di Dunia Ada di Sini

akar pohon bajakah
Inilah akar pohon bajakah di belantara Kalimantan Tengah yang diyakini berkhasiat menyembuhkan kanker. Foto: Istimewa.

Indonesiainside.id, Jakarta – Orang bilang tanah kita tanah surga. Tongkat kayu dan batu jadi tanaman. Demikian sepenggal lirik lagu Koes Plus yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia.

Memang begitu adanya. Tak hanya kekayaan hasil bumi, laut, dan sumber daya alam lainnya. Tanaman herbal di dunia pun semuanya ada di Tanah Air. Peneliti dari IPB University menyebutkan sebanyak 80 persen tanaman obat yang ada di dunia terdapat di Indonesia dan bisa digunakan sebagai ramuan herbal untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit.

“Indonesia memiliki 143 juta hektare hutan tropis yang merupakan rumah bagi 80 persen tanaman obat di dunia,” kata peneliti dari Pusat Studi Biofarmaka Tropis (TropBRC) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University Rudi Heryanto, MSi, dalam keterangannya yang dikutip di Jakarta, Selasa, sesuai hasil seminar daring yang diselenggarakan oleh TropBRC.

Rudi mengatakan, diperkirakan ada sekitar 30.000 tanaman yang berpotensi untuk dijadikan tanaman obat. Penelitian terbaru dari pakar IPB University mengidentifikasi 1.845 spesies tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat.

Ahli dari Laboratorium Biomedis dan Desain Obat Komputasi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia Prof. Dr. Arry Yanuar mengatakan, banyak obat herbal dikenal di seluruh dunia sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Jamu adalah formulasi dari berbagai tanaman herbal.

Menurut dia, banyak senyawa dari alam yang dapat digunakan sebagai bahan obat. Penemuan obat dari tanaman herbal tersebut membutuhkan metode untuk mengetahui senyawa yang terkandung di dalam tanaman obat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here