Sempat Berjabat Tangan dengan PM Modi di Sebuah Acara, Pendeta Hindu Ini Positif Terinfeksi Covid-19

PM Narendra Modi menyapa Pendeta Mahant Nritya Gopal Das selama acara bhoomi pujan di Ayodhya yang diadakan tanggal 5 Agustus 2020. Foto: Biro Informasi Pers India

Indonesiainside.id, New Delhi – Seorang pemimpin agama Hindu yang berbagi panggung bersama Perdana Menteri Narendra Modi selama acara peletakan batu pertama kuil besar di Ayodhya, dilaporkan positif terinfeksi virus corona. Di saat bersamaan, India juga melaporkan rekor lonjakan kasus Covid-19 pada Kamis (13/8), dengan hampir 67.000 infeksi baru.

Nritya Gopal Das, seorang pendeta Hindu berusia 82 tahun, adalah figur publik terbaru yang dinyatakan positif setelah serangkaian rekan kabinet teratas Modi terinfeksi Covid-19, termasuk sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Amit Shah. Modi dan Das termasuk di antara 170 orang lainnya yang menghadiri peluncuran pembangunan kuil pada 5 Agustus lalu di kota Ayodhya.

Rekaman televisi menunjukkan Modi memegang tangan Das dan membungkuk di hadapannya. Hingga kini, kantor Perdana Menteri Modi tidak menanggapi permintaan komentar terkait hal ini. Dr Murli Singh, Direktur Informasi di Ayodhya, mengatakan Das dinyatakan positif dan sedang dipindahkan ke rumah sakit dekat Delhi.

Tetapi dia menambahkan bahwa pada saat upacara, pendeta Hindu tersebut dinyatakan negatif sehingga tidak menimbulkan risiko penularan pada Modi. Singh mengatakan orang yang diundang untuk peluncuran itu semuanya bersih dari virus pada saat itu.

“Panduan dikirim kepada semua orang bahwa hanya orang negatif Covid-19 yang diizinkan ikut dalam upacara tersebut,” katanya, seraya menambahkan dokter di Ayodhya, melakukan tes sebelum acara dimulai.

Dengan lonjakan 66.999 kasus pada Kamis (13/8), India sekarang memiliki hampir 2,4 juta infeksi, berada di bawah Amerika Serikat (AS) dan Brasil. Selama dua minggu terakhir, India melaporkan rata-rata melaporkan 50.000 kasus atau lebih. Sedangkan korban tewas Covid-19 mencapai 47.033. (NE)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here