Sidang Tahunan MPR RI tahun 2020 Jadi Momen Spesial

Gedung MPR Senayan Jakarta. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelaksanaan rangkaian Sidang Tahunan MPR RI tahun 2020 pada Jumat (14/8) terasa spesial karena diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.

Untuk itu, penyelenggaraan Sidang Tahunan kali ini dipastikan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Kondisi pandemi membuat pelaksanaan sidang kali ini dipersingkat dan jumlah peserta yang hadir pun dibatasi untuk menghindari potensi penyebaran COVID-19.

Rangkaian sidang tersebut terdiri dari Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD RI yang akan dilaksanakan pada Jumat pukul 09.00-10.54 WIB, serta pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam menyampaikan RAPBN 2021 yang akan dilaksanakan pada pukul 14.00-16.00 WIB.

Sidang Tahunan MPR merupakan agenda rutin setiap tahun dan sudah menjadi konvensi ketatanegaraan yang berlangsung sejak 2015.

MPR menggelar Sidang Tahunan untuk memfasilitasi lembaga negara menyampaikan laporan pelaksanaan tugasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi apa saja yang sudah dilaksanakan lembaga negara selama satu tahun.

Sidang Tahunan tersebut sebagai bentuk akuntabilitas lembaga negara kepada masyarakat, lembaga-lembaga negara yang menyampaikan laporan kinerjanya kepada masyarakat adalah MPR, DPR, DPD, Presiden, MK, MA, KY, dan BPK.

Namun pada Sidang Tahunan MPR 2020 di saat pandemi COVID-19, tidak mungkin setiap pimpinan lembaga negara menyampaikan laporan kinerjanya secara langsung dalam sidang tersebut. Karena itu dalam Sidang Tahunan MPR tersebut, Presiden akan menyampaikan pidato yang merangkum kinerja semua lembaga negara.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here