Joe Biden Ingin ‘Singkirkan’ Erdogan Jika Terpilih Jadi Presiden AS

Calon presiden Amerika dari Partai Demokrat, Joe Biden

Indonesiainside.id, New York – Video pernyataan calon presiden AS Joe Biden, viral di media sosial karena keinginannya untuk ‘menyingkirkan’ Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan jika nantinya terpilih menjadi Presiden Amerika.

Perbincangan yang dilakukan pada bulan Desember itu saat Biden belum menjadi capres dari Demokrat. Video tersebut kembali viral dan menjadi perbincangan hangat di Turki.

Dalam pernyataannya, calon presiden dari Partai Demokrat AS mengatakan kepada New York Times bahwa AS harus mengambil pendekatan baru terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan dan merangkul partai-partai oposisi di Turki.

Biden, yang juga mantan wakil presiden AS, mengatakan dalam video itu bahwa dia “sangat prihatin” terkait kebijakan Erdogan terhadap Kurdi di Turki, kerja sama militer parsial dengan Rusia, dan akses ke lapangan udara AS di negara itu, yang menjadi sekutu NATO.

“Apa yang menurut saya harus kami lakukan adalah mengambil pendekatan yang sangat berbeda kepadanya sekarang, memperjelas bahwa kami mendukung kepemimpinan oposisi,” kata Biden dalam video itu dan diverifikasi oleh transkrip yang diterbitkan pada Januari oleh Times, lansir The National, Senin(17/8).

“Dia harus membayar mahal,” kata Biden pada saat itu, seraya menambahkan bahwa Washington harus mendukung para pemimpin oposisi Turki “untuk dapat melawan dan mengalahkan Erdogan.

“Bukan dengan kudeta, bukan dengan kudeta, tetapi dengan proses pemilihan.”katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here