Drone Canggih Andalan Amerika Bertabrakan Hingga Hancur di Suriah

Jenderal Iran Qassem Soleimani juga tewas oleh drone MQ-9 Reaper. Drone perang canggih ini buatan General Atomics Amerika. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Idlib – Sepasang drone canggih andalan Amerika jatuh setelah bertabrakan di udara di wilayah Suriah, menghancurkan kedua pesawat tersebut. Military Times melaporkan Rabu(19/8), penyebab kejadian tersebut masih belum jelas, namun memicu rumor yang beredar.

Seorang pejabat pertahanan anonim mengatakan kepada Times, bocoran rincian tentang kejadian itu, namun menolak menyebutkan jenis drone dan penyebab pasti kecelakaan itu. “Apakah pesawat tanpa awak itu ditembak? Belum diketahui,” kata pejabat itu.

Foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan puing-puing jatuh dari langit dan sisa badan pesawat yang terbakar di tanah – menunjukkan bahwa salah satu dari pesawat tak berawak itu adalah drone MQ-9 Reaper andalan Amerika, yang biasanya digunakan untuk misi pengawasan dan penyerangan.

Belum ada penjelasan resmi atas insiden tersebut, tetapi spekulasi tersebar luas di media sosial, dengan beberapa menyatakan drone tersebut ditembak jatuh oleh militan yang didukung Turki, sementara yang lain menyatakan bahwa drone itu milik Rusia, meskipun laporan Times jelas menyatakan bahwa kedua pesawat tak berawak itu kepunyaan Amerika.

Kecelakaan itu terjadi beberapa hari setelah AS membunuh instruktur militer yang terkait Al-Qaeda berbasis di Idlib, Abu Yahyah al-Uzbeki. Dalam serangan menggunakan rudal R9X Hellfire, senjata khusus yang juga dijuluki “bom ninja”.

Meskipun Damaskus telah berulang kali mengecam kehadiran Amerika di Suriah sebagai ilegal dan melanggar kedaulatan negara, Washington melanjutkan operasi militer di beberapa wilayah, melakukan serangan sporadis di sekitar Idlib.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here