Jumat 21 Agustus Cuti Bersama Tahun Baru Islam, Berikut Daftar Hari Libur Hingga Akhir Tahun

Ilustrasi libur bersama. Foto: pixabay

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah merevisi ketentuan mengenai cuti bersama dan hari libur pada tahun 2020 seiring dengan pandemi Covid-19. Revisi itu menambah jumlah hari libur pada tahun 2020 dari 20 hari menjadi 24 hari.

Dikutip dari laman Kemenag, disebutkan bahwa sebagaimana ditetapkan dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 728, 213, dan 01 Tahun 2019.

Dan, gantinya, pemerintah menerbitkan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor, 174, 01, 01 Tahun 2020.

Kesepakatan revisi hari libur nasional dan cuti bersama ini dihasilkan dalam Rapat Koordinasi tanggal 9 Maret 2020 di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Salah satu yang dibahas waktu itu adalah soal cuti lebaran untuk mengantisipasi pemudik pulang kampung dan mencegah penularan Covid-19.

Rapat yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy ini, dihadiri jajaran menteri terkait. Yaitu, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pariwisata Wishnutama, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Salah satunya adalah soal cuti bersama Muharam atau Tahun Baru Islam. Diputuskan bahwa libur 1 Muharam yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020 ditetapkan sebagai hari libur nasional. Pun demikian tanggal 21 Agustus yang jatuh pada hari Jumat, ditetapkan sebagai cuti bersama.

Hasil keputusan Rapat Tingkat Menteri tentang Review, Penetapan, dan Penandatanganan Revisi SKB tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2020 waktu itu sebagai berikut:

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here