Analisis: Sudah Lama ‘Bau Busuk’ Hubungan UAE – Israel Tercium

Bendera UEA - Israel. Foto: anadolu

Indonesiainside.id, Ankara – Kerja sama antara Uni Emirat Arab (UAE) dan Israel telah dimulai dengan dibukanya kantor pusat Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Kota Masdar pada 2008.

Di balik kedok menghadiri pertemuan PBB, perwakilan diplomatik dan menteri Israel selama bertahun-tahun melakukan perjalanan ke Abu Dhabi dan menemui rekan-rekan sejawatnya untuk membahas kepentingan bersama.

Kedok itu akhirnya tersingkap pada 13 Agustus, ketika kesepakatan untuk menormalisasi hubungan Israel-UEA dicapai selama diskusi via telepon antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed Bin Zayed.

Perjanjian IRENA yang dirancang pada 2013 mewajibkan negara tuan rumah untuk memfasilitasi para anggotanya yang ingin mengirim misi permanen ke organisasi tersebut.

Pada 2015, delegasi dari Kementerian Luar Negeri Israel yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Dore Gold berpartisipasi dalam pertemuan Dewan IRENA di bawah sorotan media.

Kedua negara, bagaimanapun, mengeluarkan pernyataan resmi bahwa kunjungan ini tak mencerminkan perubahan sikap mereka.

Menurut Sigurd Neubauer, pengamat kebijakan AS terhadap Semenanjung Arab, normalisasi hubungan sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2006, ketika anggota parlemen Amerika berusaha mencegah Dubai Port World milik UEA untuk mengelola enam pelabuhan AS, termasuk New York, Newark, Baltimore, dan Miami.

“Meskipun UEA akhirnya menarik tawarannya, Abu Dhabi rupanya dikejutkan oleh oposisi kuat Kongres yang kemudian meluncurkan kampanye besar-besaran untuk meyakinkan para pembuat kebijakan Washington bahwa UEA bukan hanya sekutu AS yang dapat diandalkan, tetapi juga berbagi kepentingan strategis Washington, yang rupanya mencakup urusan Israel,“ tulis Neubauer dalam makalah penelitiannya yang dirilis oleh International Institute for Middle-East and Balkan Studies (IFIMES) yang berbasis di Slovenia.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here