Komnas HAM Minta Polisi Mengusut Peretas Situs Tempo

Penampakan layar situs Tempo.co yang diretas pihak tidak bertanggungjawab. Foto: screenshot

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisioner Komisi Nasional dan Hak Asasi Manusia Choirul Anam meminta agar peretasan situs media nasional Tempo diusut. Hal ini karena perbuatan tersebut mengancam demokrasi dan HAM di Indonesia.

“Bukan hanya menjadi persoalan Tempo Group semata. Ini persoalan bersama bagi yang mencitakan Indonesia lebih baik, sejahtera, demokratis, dan menjunjung tinggi HAM,” kata Choirul Anam dalam keterangan tertulis, Jumat (21/8).

Komnas HAM memandang sangat penting bagi kepolisian untuk membongkar peretasan ini dan melakukan penegakan hukum dengan maksimal. Jika terdapat jaringan peretasan, membongkar jaringan peretas itu merupakan keharusan.

“Bongkar jaringan peretas sampai ke akarnya, ini menjadi momok bagi bangsa dan negara yang menata demokrasi dan HAM,” ujarnya.

Anam berharap insiden peretasan Tempo.co tidak akan dialami oleh media lainnya. “Semoga peristiwa yang dialami Tempo tidak dialami oleh media lainnya dan tidak terpengaruh oleh peristiwa ini,” kata Anam.

Komnas HAM juga memberikan dukungan kepada Tempo untuk tetap menyajikan informasi secara akurat yang dibutuhkan publik. “Saya percaya Tempo tidak akan terpengaruh oleh kejahatan peretasan ini,” tegasnya.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here