Virus Covid-19 Dapat Bertahan di Daging Beku Hingga Berminggu-minggu, Waspadalah!

Ilustrasi daging beku. Foto: antara

Indonesiainside.id, Hanoi – Ilmuwan telah mengeluarkan banyak peringatan baru tentang virus corona. Kini salah satunya bahwa virus jahat itu dapat bertahan pada makanan beku selama berminggu-minggu dan ada di sekitar kita.

“Virus corona akan ada di sekitar kita “selamanya” dan setiap orang perlu divaksinasi secara teratur,” ujar mantan penasihat ilmiah pemerintah Inggris Profesor Mark Walport, lansir The Guardian, Sabtu(22/8).

Profesor Walport, yang juga anggota Kelompok Penasihat Ilmiah untuk keadaan darurat (Sage) mengibaratkan virus corona dengan influenza.

“Imunisasi ulang dalam skala global perlu dilakukan untuk mengendalikan virus,” katanya.

Berbicara di program Today BBC 4, Profesor Walport mengatakan, virus corona bukanlah penyakit seperti cacar, tapi bisa diberantas dengan vaksin. “Itu virus yang akan bertahan selamanya, dalam satu bentuk atau lainnya dan hampir pasti membutuhkan vaksinasi ulang. Seperti flu, setiap orang membutuhkan vaksinasi rutin”.

Dia mengatakan itu setelah kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa dunia bisa mengendalikan pandemi Covid-19 dalam waktu dua tahun.

Di sisi lain, para ilmuwan memperingatkan bahwa makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan wabah Covid-19 karena virus tersebut dapat bertahan dalam suhu beku. Itulah sebabnya epidemi merebak di sejumlah negara tanpa infeksi baru dalam waktu yang lama.

Menurut Telegraph, para ilmuwan mengambil potongan salmon, ayam, dan babi dari supermarket di Singapura dan memasukkan sampel virus. Potongan ikan dan daging yang terinfeksi kemudian disimpan pada suhu 4 derajat C (suhu lemari es normal) dan -20 derajat C (suhu beku standar). Setelah 21 hari, virus corona masih ada pada sampel makanan di atas.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here