23 Orang Jalani Tes PCR Setelah Seorang Perantau Positif Covid-19

Ilustrasi tempat periksa rapid test. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Surabaya – Sebanyak 23 orang yang terdiri atas anak, istri dan 20 orang warga di Tulungagung, Jawa Timur wajib menjalani tes usap PCR setelah seorang perantau tujuan Kalimantan terdeteksi positif Covid-19.

“Pasien ke-264 ini terkonfirmasi positif Covid-19 saat menjalani prosedur tes usap PCR untuk persyaratan kerja ke Kalimantan,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung Galih Nusantoro di Tulungagung, Ahad.

Pemeriksaan terhadap 23 orang kontak dekat dari pasien berinisial AY asal Kedungwrau ini dijadwalkan digelar pada Senin (24/8) di Poli Covid-19 RSUD dr Iskak Tulungagung

Penetapan 23 orang wajib tes usap PCR itu diputuskan GGTP Covid-19 Kabupaten Tulungagung setelah mendapat rekomendasi langsung dari tim epidemologi yang dikerahkan untuk melakukan upaya 3T, yakni “tracing, testing, and treatment” (penelusuran, pengujian/pemeriksaan, dan penanganan).

Ia mengatakan AY merupakan seorang pelaku perjalanan dengan riwayat perjalanan dari Kalimantan Timur pada 30 Juli 2020.

AY berencana kembali ke Kalimantan Timur, sehingga melakukan pemeriksaan tes usap mandiri di Rumah Sakit Lavalette, Malang pada 19 Agustus 2020 dengan tujuan sebagai prasyarat perjalanan.

Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, AY dinyatakan positif Covid-19 dan pada saat ini telah menjalani isolasi di rusunawa.

Kontak erat AY teridentifikasi sejumlah 23 orang, yakni tiga orang kontak serumah (anak dan istri) serta 20 orang tetangga.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here