Rosatom Rilis Video Baru Tsar Bomba, ‘Raja Dari Segala Bom’ Nuklir

Ledakan dari Tsar Bomba. Foto; sputnik

Indonesiainside.id, Moskow – Hanya beberapa hari sebelum peringatan 71 tahun uji bom atom pertama Uni Soviet pada tahun 1949, perusahaan nuklir milik Rusia, Rosatom, telah merilis rekaman langka detik-detik dari uji ledak bom nuklir Tsar Bomba pada tahun 1961, senjata nuklir paling kuat yang pernah dibuat oleh manusia.

Film dokumenter berdurasi 30 menit yang diterbitkan oleh Rosatom pada 20 Agustus itu menceritakan hari yang menentukan di bulan Oktober 1961 ketika Uni Soviet meledakkan senjata nuklir berkekuatan 50 megaton di sebuah pulau terpencil Arktik. Dikenal dengan kode “Produk 202”, ukuran dan kekuatan bom yang sangat besar membuatnya mendapat julukan “Tsar Bomba” – raja dari segala bom.

Tsar Bomba

Untuk memberikan gambaran tentang kekuatan bom ini, pertimbangkan saja bahwa bom atom buatan Amerika Serikat yang paling kuat, diuji di Castle Bravo pada tahun 1952, hanya sebesar 22 megaton, dan bom yang menghancurkan kota Hiroshima Jepang pada tahun 1945 hanya 16 kiloton – sehingga dengan kata lain, Tsar Bomba sekitar 1.325 kali lebih kuat. Kekuatan yang luar biasa berasal dari fusi nuklir, reaksi penghasil energi yang sama yang menggerakkan matahari.

Dalam video yang dirilis tampak sebuah bom besar dimuat ke gerbong kereta untuk diangkut ke ujung utara Rusia, di mana bom itu tiba disamarkan dalam sebuah gerbong khusus di Pangkalan Udara Olenya, tepat di selatan Murmansk.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here