Pemprov DKI Akan Izinkan Bioskop Buka Kembali

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengizinkan bioskop untuk kembali dibuka dalam waktu dekat.

Anies mengatakan rencana membuka bioskop ini telah dikaji bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan pelaku industri.

“Dalam waktu dekat (pembukaan bioskop) akan kita umumkan,” kata Anies dalam konferensi pers virtual di Jakarta pada Rabu.

Anies menuturkan akan ada sejumlah regulasi dan protokol kesehatan yang wajib diterapkan oleh pengelola bioskop.

Menurut dia, aktivitas di bioskop cenderung mudah dikendalikan karena pengaturan tempat duduk bisa diatur sesuai kriteria protokol kesehatan, penonton duduk menghadap ke satu arah, dan tidak banyak yang berbicara.

“Kalau pun ada yang berbicara, pasti antara orang yang saling kenal,” tutur dia.

Anies menuturkan pengelola bioskop telah bersiap untuk kembali beroperasi dengan protokol kesehatan setelah DKI Jakarta memasuki masa transisi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak awal Juni lalu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, lanjut dia, akan memberi sanksi kepada bioskop yang tidak mematuhi aturan.

“Kalau ada bioskop yang tidak ikuti protokol kesehatan, langkah DKI cukup sederhana, kami akan menutup kegiatan usahanya,” kata Anies.

Sebelumnya, seluruh bioskop di Jakarta tutup sejak pandemi melanda pada Maret 2020 lalu.

Protokol kesehatan di bioskop

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menuturkan ada sejumlah syarat dan aturan yang berlaku bagi masyarakat yang hendak menonton di bioskop.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here