Turki Akan Lakukan ‘Apapun’ Untuk Melindungi Haknya di Mediterania Timur

Pasukan Turki

Indonesiainside.id, Istanbul – Menteri luar negeri Turki pada Selasa memperingatkan Yunani agar tidak salah langkah di Mediterania Timur, dan mengatakan Turki siap melakukan “apa pun yang diperlukan” untuk melindungi haknya yang sah di wilayah tersebut.

Pernyataan Mevlut Cavusoglu diungkapkan pada konferensi pers bersama dengan sejawatnya dari Jerman Heiko Maas di ibu kota Ankara setelah mereka membahas berbagai masalah, termasuk wabah Covid-19, perkembangan di Libya, dan terutama di Mediterania Timur.

Cavusoglu juga mendesak Yunani untuk tidak “melakukan hal-hal yang berisiko” dengan memancing “beberapa negara” di Mediterania Timur.

Dia tidak menyebutkan nama negara mana pun, tetapi Yunani baru-baru ini bekerja sama dengan Prancis dan Mesir untuk menentang kebijakan luar negeri maritim Turki.

Cavusoglu menekankan bahwa peningkatan ketegangan baru-baru ini di Mediterania Timur disebabkan oleh pendekatan Yunani dan pemerintahan Siprus Yunani, bukan Turki.

Selama konferensi pers, Maas juga menggarisbawahi bahwa eskalasi di Mediterania Timur tidak membantu kepentingan Uni Eropa (UE), Turki, atau Yunani.

Minggu ini Turki dan Yunani saling mengirimkan peringatan tentang eksplorasi energi dan latihan militer di Mediterania.

Yunani mempermasalahkan eksplorasi energi Turki saat ini di Mediterania Timur, mencoba untuk mengklaim wilayah maritim Turki berdasarkan pulau-pulau kecil di dekat pantai Turki.

Turki adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang di Mediterania – telah mengirimkan kapal bor untuk mengeksplorasi energi di landas kontinennya, dan menekankan bahwa pihaknya dan Republik Turki Siprus Utara (TRNC) memiliki hak di wilayah tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here