Ganja Jadi Komoditas Tanaman Obat Binaan Kementan

Ilustrasi, Personel kepolisian memusnahkan ladang ganja seluas satu hektar di Desa Cot Sibate, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Rabu (6/3/2019). Foto: Eko Deni Saputra/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) memasukkan tanaman ganja (Cannabis sativa) sebagai tanaman binaan di tahun ini. Ganja menjadi satu dari 66 komoditas tanaman obat di bawah binaan Direktorat Jenderal Holtikultura Kementan.

Keputusan itu dituangkan dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 104/KPTS/HK.140/M/2/2020 tentang Komoditas Binaan Kementerian Pertanian yang ditandatangani Menteri Syahrul Yasin Limpo pada 3 Februari 2020.

Merujuk laman Kementerian Pertanian, Kepmentan 104 tahun 2020 menyebutkan bahwa tanaman binaan dan komoditas lain lingkup Kementan mengalami perkembangan jenis komoditas.

“Komoditas binaan dan produk turunananya dibina oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Hortikultura, Direktorat Jenderal Perkebunan, dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan,” ungkap beleid itu.

Direktur Jenderal Kementan dalam keputusan penetapan komoditas binaan dan produk turunan sebagaimana dimaksud dalam diktum keempat harus berkoordinasi dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Direktorat Jenderal teknis Lingkup Kementerian Pertanian, pakar/perguruan tinggi, dan Kementerian/Lembaga.

Total ada 66 jenis tanaman obat yang dibina Ditjen Hortikultura. Selain ganja, jenis tanaman obat lain yang dibina antara lain kecubung, mengkudu, kratom, brotowali, purwoceng dan tanaman lainnya.

Untuk jenis buah-buahan ada 60 jenis masuk dalam kategori binaan, sayuran 42 jenis, dan tanaman hias ada 361 jenis.

“Keputusan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi putusan itu.

Ganja sebelumnya masuk ke dalam jenis narkotika golongan I menurut Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ganja setara dengan status sabu, kokain, opium, heroin yang juga masuk dalam golongan I.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here