Sejarawan Turki: Belum Ditemukannya Dokumen Bukan Berarti Relasi Utsmaniyah – Jawa Tidak Ada

Pakar Sejarah Utsmani Dr. Ismail Hakkı Kadı berbicara saat wawancara ekslusif dengan Anadolu Agency pada 27 Agustus 2020 di Turki. Foto: anadolu

Indonesiainside.id, Istanbul – Isu mengenai hubungan Kesultanan Utsmaniyah atau Ottoman dengan wilayah Nusantara telah menjadi perbincangan hangat di Indonesia akhir-akhir ini.

Beberapa pihak menyebut bahwa wilayah Nusantara pernah menjadi bagian dari kekuasaan Utsmani beberapa abad lalu. Sebagian yang lain menganggap relasi itu hanya sebatas hubungan diplomatik.

Namun bagaimanakah sejarah mendudukkan persoalan ini?

Kantor berita Anadolu Agency bertemu dengan sejarawan Turki Dr. Ismail Hakkı Kadı yang memiliki perhatian terhadap hubungan sejarah Ottoman di Asia Tenggara.

Saat polemik itu mencuat, nama Kadi ramai disebut-sebut di Indonesia sebagai sejarawan yang mampu menjelaskan akurasi sejarah mengenai hubungan Utsmani dan Nusantara.

“Saya tidak terlalu banyak mengikuti perdebatan itu di sana, tetapi ada beberapa sahabat saya di sana memberikan kabar tentang isu itu,” ucap Kadı saat melakukan wawancara dengan Anadolu Agency, Kamis.

Kadı dikenal sebagai akademisi yang gigih meneliti langsung arsip-arsip Utsmani untuk mendapatkan gambaran lebih objektif dan komprehensif mengenai sejarah relasi Utsmani dengan wilayah Nusantara dan Asia Tenggara pada umumnya.

Hasil penelitiannya itu telah dituangkan dalam sejumlah publikasi jurnal, makalah, dan buku.

“Sejak April 2009, kurang lebih 11 tahun saya meneliti hubungan antara Kerajaan Utsmani dengan negara-negara yang ada di Asia Tenggara, bukan hanya Indonesia saja,” ucap Kadı.

Salah satu bukunya yang menjadi rujukan bagi dunia akademik adalah Ottoman-Southeast Asian Relations: Sources from the Ottoman Archives. Buku ini ditulis bersama sejarawan Inggris Andrew Charles Spencer Peacock yang juga fokus dalam mendalami sejarah Utsmani.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here