Vaksin Merah Putih Diuji Klinis Tahun Depan

Foto menunjukkan botol vaksin, yang disebut "GamCovidVac", di Moskow, Rusia, Selasa (11/8/2020). Russian Health Ministry / Handout

Indonesiainside.id, Jakarta – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional menargetkan uji klinis vaksin merah putih untuk penanganan Covid-19 dilakukan pada awal tahun depan.

“Awal tahun depan dilakukan uji klinis dan dilanjutkan untuk di produksi dalam jumlah banyak,” ujar Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro dalam acara swab test gratis dan penyerahan bantuan Mobil Lab Bio Safety di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Ahad(30/8).

Menristek Bambang menuturkan pihaknya telah mengumpulkan informasi mengenai pembuatan vaksin merah putih tersebut. Sebagai perkembangannya, saat ini sudah ada lima perusahaan yang sedang melakukan riset terhadap vaksin merah putih.

“Kita masih menunggu proses riset yang sedang dilakukan oleh lima pihak ini. Kita juga terus menargetkan dalam waktu dekat atau awal tahun depan bisa segera di produksi setelah uji klinis,” paparnya.

Mengenai proses produksi vaksin merah putih, Menteri Bambang menuturkan, ada berbagai pihak yang nantinya dilakukan kerjasama seperti seperti Kalbe Farma dan Sanbe Farma hingga dari swasta

Sebagai tahapan menunggu proses vaksin yang sedang memasuki tahap riset, berbagai upaya pun terus dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah.

Misalnya saja pembuatan alat uji rapid test hingga peluncuran Mobil Lab Bio Safety yang mampu menguji 600 sampel dalam 24 jam.

Bahkan, Kemenristek mempersilakan bagi Pemkot Tangerang Selatan jika ingin menggunakan wisma tamu Puspiptek untuk tenaga medis.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here