Bappenas: Indonesia Kekurangan Tempat Tidur di Rumah Sakit

Penanganan pasien corona di Wisma Atlet. Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengatakan jumlah tempat tidur di rumah sakit Indonesia masih kurang dan belum tersebar merata sehingga perlu diperhatikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat.

“Saat ini ketersediaan tempat tidur rumah sakit relatif kurang merata. Ini tidak hanya terjadi di daerah timur namun juga sejumlah daerah lainnya jika melihat pada rasio atau jumlah penduduk,” kata Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Bappenas Pungkas Bahjuri Ali saat diskusi daring di Jakarta, Senin(31/8).

Ia menyebutkan total tempat tidur di seluruh rumah sakit Tanah Air saat ini ialah 276.525 unit atau setara dengan rasio 1,33 tempat tidur per 1.000 penduduk.

Dari jumlah tersebut, ia memperkirakan adanya kebutuhan tambahan tempat tidur sebanyak 119.299 unit.

Kondisi tersebut sebenarnya menunjukkan fasilitas kesehatan yang memang masih belum begitu memadai sehingga diharapkan rasio ketersediaan tempat tidur tersebut ke depannya dapat meningkat.

Hal itu termasuk pula untuk daerah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Maluku, Bengkulu, Papua, Nusa Tenggara Barat dan sebagainya.

Bahkan berdasarkan data yang ada, ujar dia, hanya DKI Jakarta dan Sulawesi Utara yang sudah melebihi rasio 1,9 tempat tidur rumah sakit per 1.000 penduduk.

“Oleh sebab itu perlu adanya beberapa penguatan untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan terutama pada kondisi COVID-19 sekarang ini dan harus merata di seluruh wilayah,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here