Ini Alasan Seragam Satpam Mirip dengan Polri

Ketua Abujapi Agus Hermawan usai FGD mengenai Perpol 4/2020 di Jakarta. Foto: Ahmad ZR.

Indonesiainside.id, Jakarta – Dalam mendukung kewibawaan dan profesionalitas Satuan Pengamanan (Satpam), Polri menjadikan Satpam sebagai salah satu unsur Pengamanan Swakarsa (Pam Swakarsa). Ketentuan ini diatur dalam Peraturan Polri (Perpol) Nomor 4 Tahun 2020, termasuk seragam dan kepangkatan Satpam.

“Pengamanan Pam Swakarsa sudah sejak dulu dicetuskan dari dan oleh masyarakat untuk mengamankan lingkungan, termasuk industrial security. Adanya Perpol 4/2020 ini lebih memperkuat lagi mengenai tugas Satpam dan Siskamling (sistem keamanan lingkungan),” kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi), Edhi Susilo di Jakarta, Jumat (25/9).

Mengenai kesamaan seragam dengan Polri, ia menyebutkan beberapa Satpam di negara besar juga memiliki seragam sama dengan kepolisian. Karenanya, ungkap dia, masyarakat tak perlu memiliki persepsi negatif, justru dengan adanya pembaharuan seragam dapat lebih meningkatkan etos kerja Satpam dalam menjalankan tugas sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas di lingkungan kerjanya sesuai Pasal 3 huruf C (1) Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

“Ini akan lebih mempererat soliditas dan sinergitas Satpam dengan Polri, karena bagaimanapun Satpam adalah anak kandung Polri,” tuturnya.

Sementara, Ketua Abujapi Agus Hermawan, menyampaikan Satpam yang menggunakan pakaian mirip Polri merupakan Satpam yang terdidik dan memiliki ikatan dengan unsur-unsur ketenagakerjaan. Sementara, Siskamling akan mengenakan warna yang berbeda.

“Jadi masyarakat bisa melihat, ‘owh ini Satpam yang terdidik’, nanti akan kelihatan Satpam yang terdidik dan tidak. Kalau sekarang semuanya di pukul rata, seragam Satpam mau yang terdidik dan tidak warna putih dan biru,” katanya.

Berkaitan kepangkatan Satpam, Agus menyebutkan ada tingkat pelaksana, supervisor, dan manajer. “Mengenai alat pengamanan masih sama dengan sebelumnya, seperti pentungan, borgol, dan sebagainya. Kalau senjata tajam hanya untuk (Satpam) tertentu saja,” ujarnya.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here