Netizen Kecam liputan Deutch Welle Soal Hijab, Fadli Zon: Sentimen Islamofobia dan Memalukan

Indonesiainside.id, Jakarta – Media asal Jerman Deutch Welle (DW) dihujat sejumlah tokoh masyarakat dan netizen karena membuat konten video yang mengulas tentang sisi negatif anak memakai jilbab sejak kecil.

Dalam video yang dibuat, DW Indonesia mewawancarai perempuan yang mewajibkan putrinya mengenakan hijab sejak kecil.
DW Indonesia juga mewawancarai psikolog Rahajeng Ika. Mereka mengulas dampak psikologis bagi anak-anak yang sejak kecil diharuskan memakai jilbab.

“Mereka menggunakan atau memakai sesuatu tapi belum paham betul konsekuensi dari pemakaiannya itu,” kata Rahaeng Ika menjawab pertanyaan DW Indonesia.

“Permasalahannya apabila di kemudian hari bergaul dengan teman-temannya, kemudian agak punya pandangan yang mungkin berbeda, boleh jadi dia mengalami kebingungan, apakah dengan dia pakaian begitu berarti dia punya batasan tertentu untuk bergaul,” katany lagi.

DW Indonesia juga mewawancarai feminis muslim, Darol Mahmada mengenai dampak sosial anak yang diharuskan memakai hijab sejak kecil.

Menurut Darol Mahmada, wajar-wajar saja seorang ibu atau guru mengharuskan anak memakai hijab sejak kecil.

“Tetapi kekhawatiran saya sebenarnya lebih kepada membawa pola pikir si anak itu menjadi eksklusif karena dari sejak kecil dia ditanamkan untuk misalnya “berbeda” dengan yang lain,” kata Darol.

Konten video itu dibagikan DW Indonesia melalui akun Twitternya, @dw_indonesia, Jumat 25 September 2020.

“Apakah anak-anak yang dipakaikan #jilbab itu memiliki pilihan atas apa yang ingin ia kenakan?,” tulis DW Indonesia.

Postingan DW Indonesia itu kemudian memicu kontroversi di masyarakat dan juga netizen. Mereka menghujat DW Indonesia karena dianggap membuat konten islamofobia.

Hal ini ditegaskan oleh Mantan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. Menurut Fadli, konten DW menunjukkan gejala Islamofobia dan memalukan dilakukan media sekelas DW.

“Liputan ini menunjukkan sentimen “islamofobia” n agak memalukan utk kelas @dwnews,” kata anggota DPR yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon melalui akun Twitternya, @fadlizon.

Menuai hujatan netizen, DW beralasan kontennya sudah seimbang. Namun netizen memprotes konten itu karena justru tidak berimbang.

Postingan salah satu netizen yang mempertanyakan DW

(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here