Wanita Muda Ini Jalani 10 Kali Uji Usap Covid-19 dan 3 Bulan Isolasi Mandiri

Petugas medis menunjukkan alat swab spesimen saat swab test secara drive thru di halaman Laboratorium Kesehataan Daerah (LABKESDA) Kota Tangerang, Banten, Senin (6/4). Foto: ANTARA

1 Juli 2020 lalu merupakan hari bebas bagi Elzavira Felaza (27) dari penularan Covid-19. Usai menjalani uji usap (swab test) yang ke-10 kalinya, wanita muda ini akhirnya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Elza tiba di Jakarta pada 20 Maret 2020, yang baru saja pulang dari Inggris. Dia pulangan dari London ke Jakarta karena pada pertengahan Maret 2020, kampus di mana Elza belajar tutup sementara akibat pandemi Covid-19 yang juga sempat menggila di negeri itu.

Saat ini, Elza sedang mengenyam pendidikan di University College London (UCL), Inggris. Setibanya di Jakarta, Elza langsung melakukan isolasi mandiri di suatu apartemen yang disiapkan keluarganya.

Ini menjadi bagian dari protokol kesehatan yang harus ia lalui sepulang dari luar negeri. Pada hari kelima dalam masa isolasi mandiri itu, Elza mulai merasakan gejala tidak bisa mencium bau.

Dia mencari informasi di internet dan menemukan anosmia bagian dari gejala Covid-19. Dia pun segera memberitahukan keluarga. Setelah melakukan uji usap pertama, 1 April 2020, Elza mendapatkan informasi bahwa dirinya terkonfirmasi positif Covid-19.

Elza merupakan penderita Covid-19 yang tidak bergejala atau orang tanpa gejala. Dia tidak merasakan demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

Karena itu, dia tetap melakukan isolasi mandiri sampai hasil uji usap dua kali berturut-turut negatif. Namun, faktanya, hasil uji usap ke-2, ke-3 dan ke-4, hasilnya masih menunjukkan positif Covid-19.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here