Nyaris Diserahkan ke Penjual Barang Bekas, Teko Kecil ini Ternyata Harganya Rp7,5 Miliar

Teko kecil peninggalan Kaisar Qianlong. Foto: Hansons Auctioneers

Indonesiainside.id, Jakarta – Seorang pemilik rumah terkesima setelah sebuah teko kecil yang dinilainya tak berharga dan rencananya akan disumbangkan ke toko amal penjual barang bekas – setelah beberapa dekade di simpan lotengnya ternyata barang antik langka peninggalan China dan memiliki nilai £ 100.000 atau sekitar Rp7,5 miliar.

Teko Anggur kekaisaran bermotif China itu sebelumnya dibiarkan berdebu di garasi dan lotengnya selama bertahun-tahun setelah ditaruh begitu saja dalam kotak-kotak oleh pemiliknya yang tidak pernah menyadari nilai sebenarnya.

Tapi setelah memilah-milah barang bekas itu selama masa lockdown COVID-19 di rumahnya di Derbyshire, pemilik berusia 51 tahun itu memutuskan untuk membawanya untuk dinilai oleh para ahli lelang.

Dan dia tercengang ketika diberi tahu bahwa teko berukuran 15cm itu adalah barang antik kekaisaran China yang langka yang berasal dari periode Qianlong antara 1735 dan 1799.

Pria itu menambahkan bahwa barang itu hampir disumbangkan ke toko barang amal, tetapi dia memutuskan untuk menaksirnya dan terkejut mengetahui bahwa itu adalah peninggalan Tiongkok abad ke-18 yang mungkin telah digunakan di istana Kaisar Qianlong.

Hansons Auctioneers mengatakan bahwa teko anggur jenis ini menjadi mode di istana selama periode tersebut dan mungkin dimiliki oleh Kaisar Qianlong sendiri.

“Ini harusnya menjadi penemuan terbaik yang pernah ada. Sangat menarik, sebuah teko anggur kekaisaran abad ke-18 yang akan menghiasi sebuah istana di Tiongkok dan, mungkin, ditangani oleh Kaisar Qianlong, dianggap oleh beberapa orang sebagai kaisar Tiongkok terbesar,” katanya, dilansir walesonline, Jumat(25/9).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here