Pertempuran Sengit Armenia – Azerbaijan Berlanjut, 100 Orang Dilaporkan Tewas

Para prajurit Armenia mengatur parit persembunyian sebelum perang berkecamuk. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Baku – Perang Armenia-Azerbaijan makin sengit dan menyebabkan jatuh korban hampir 100 orang tewas termasuk warga sipil. Pertempuran tersebut berkecamuk di wilayah
Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Daerah kantong pegunungan itu secara hukum merupakan bagian dari Azerbaijan dan diakui dunia internasional. Tetapi diduduki dengan paksa oleh orang-orang Armenia sejak perang berakhir pada tahun 1994.

Armenia melaporkan 84 anggota militernya tewas, juga korban sipil, sejak perang pecah Minggu kemarin. Sedangkan Azerbaijan belum mengungkapkan berapa jumlah personel atau warga sipil yang tewas, tetapi telah mengkonfirmasi tujuh kematian warga sipil.

Kementerian pertahanan Armenia mengatakan sebuah bus penumpang telah diserang oleh pesawat tak berawak Azerbaijan di kota Vardenis di Armenia timur. Namun tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut, seperti dilansir dari BBC, Selasa (29/9).

Sementara Azerbaijan sebelumnya mengatakan dua warga sipilnya tewas dalam serangan yang dilakukan oleh Armenia pada hari Senin, menyusul kematian lima orang dari keluarga yang sama sehari sebelumnya.

Pertempuran sengit yang terjadi saat ini merupakan konflik terparah kedua negara pecahan Uni Soviet itu sejak 2016.

Turki telah secara terbuka mendukung Azerbaijan, sementara Rusia yang memiliki pangkalan militer di Armenia sejauh ini telah menyerukan gencatan senjata segera.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here