WHO Luncurkan Tes Rapid Murmer, Hanya Rp70 Ribu

Rapid test. Foto: antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bakalan meluncurkan tes rapid yang murah untuk membantu negara-negara miskin agar lebih banyak mendeteksi virus corona.

Dengan biaya sekitar Rp70 ribu per tes, program yang telah didanai hingga 600 juta dolar, atau sekitar Rp6 triliun, diharapkan bisa dimulai bulan Oktober nanti.

Tes rapid dianggap kurang akurat, namun mampu memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan tes swab yang dikenal sebagai tes PCR yang sudah banyak digunakan di negara-negara maju.

Tes ini akan digunakan untuk melacak antigen atau protein yang bisa ditemukan di permukaan virus. Sementara tes standar PCR memerlukan peralatan laboratorium dan bahan kimia khusus dengan hasil yang baru bisa diketahui setelah beberapa hari.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan program terbaru ini sebagai ‘berita baik’ dalam perang melawan COVID-19.

“Tes ini akan memberikan hasil yang bisa dipercaya dalam waktu 15 sampai 30 menit, dan bukannya dalam bilangan jam atau hari, dengan harga lebih murah dan peralatan yang tidak begitu canggih,” katanya seperti dilansir ABC News, Selasa(29/9).

“Ini akan memungkinkan perluasan testing khususnya di daerah yang susah dijangkau yang tidak memiliki fasilitas laboratorium atau tidak punya tenaga kesehatan yang bisa melakukan PCR tes.”

“Kita sudah mencapai persetujuan, kita sudah memiliki modal awal, dan sekarang memerlukan dana penuh untuk membeli alat tes ini.”

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here