Jet Tempur Armenia Rontok Dalam Pertempuran Nagorno-Karabakh

Sukhoi Su-25 Armenia

Indonesiainside.id, Yerevan – Armenia mengatakan salah satu pesawat tempurnya ditembak jatuh Selasa oleh sebuah jet tempur dari Turki, sekutu Azerbaijan, menewaskan pilotnya, dalam pertempuran mempertahankan wilayah separatis Nagorno-Karabakh.

Kabar ini jika benar merupakan eskalasi baru dalam konflik puluhan tahun antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah sengketa mulai Minggu kemarin, lansir indianexpress.

Nagorno-Karabakh adalah wilayah Azerbaijan yang diakui oleh dunia internasional dan dicaplok Armenia secara sepihak.

Pejabat Armenia mengatakan Sukhoi Su-25 dari angkatan udaranya ditembak jatuh di wilayah udara Nagorno-Karabakh oleh jet tempur F-16 Turki yang lepas landas dari Azerbaijan, dan pilotnya tewas.

Namun tudingan itu dibantah oleh Turki maupun Azerbaijan dan menyebutnya sebagai fitnah.

“Tuduhan menjatuhkan jet itu “sama sekali tidak benar,” kata Fahrettin Altun, direktur komunikasi presiden Turki.

Pejabat Azerbaijan menyebutnya “fantasi lain dari mesin propaganda militer Armenia”. Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan pasukan Armenia menembaki wilayah Dashkesan di Azerbaijan.

Sedangkan para pejabat Armenia mengatakan pasukan Azerbaijan menembaki sebuah unit militer di kota Vardenis Armenia, membakar sebuah bus dan menewaskan seorang warga sipil.

Kementerian Luar Negeri Armenia membantah melakukan penembakan di wilayah itu dan mengatakan laporan itu menjadi dasar bagi Azerbaijan “memperluas geografi permusuhan, termasuk agresi terhadap Republik Armenia.”

Puluhan orang telah tewas dan terluka sejak pertempuran meletus Minggu. Kementerian Pertahanan Nagorno-Karabakh melaporkan 84 prajurit tewas, sementara Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan 10 warga sipil tewas di pihaknya, meskipun dia tidak merinci korban militer negara itu.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here