Jet Tempur Siluman Canggih Amerika Jatuh Setelah Bertubrukan di Udara

Pesawat tempur siluman canggih F-35B milik Amerika. Foto:istimewa

Indonesiainside.id, Washington – Jet tempur siluman canggih F-35B milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh setelah bertubrukan dengan pesawat pengisi bahan bakar di udara pada Selasa (29/9), demikian keterangan unit angkatan laut negara itu.

“Pada ketinggian sekitar 1.600 kaki, dilaporkan bahwa sebuah jet F-35B membuat kontak dengan KC-130J ketika berputar untuk pengisian bahan bakar di udara, sehingga F-35B jatuh,” tulis The 3rd Marine Aircraft Wing dalam sebuah cuitan di Twitter.

Pilot jet F-35B melontarkan diri keluar dari unit pesawat dan tengah mendapat perawatan, sedangkan kru pesawat KC-130J berhasil mendarat dengan aman, menurut The 3rd Marine Aircraft Wing.

Pesawat siluman F-35B. Foto: navy

ABC News melaporkan bahwa kecelakaan itu terjadi di wilayah Imperial, California.

Penyebab pasti kecelakaan itu masih akan diselidiki. Kini pesawat pengisi bahan bakar telah kembali ke bandara dengan semua kru yang dalam kondisi baik.

Pesawat jet tempur F-35 Lightning II buatan Lockheed Martin adalah keluarga jet tempur multiperan stealth atau dibekali kemampuan siluman dengan kursi tunggal, mesin tunggal, dan tahan segala cuaca.

Pesawat tempur generasi kelima ini dirancang untuk melakukan serangan darat dan head to head di udara.

F-35 memiliki tiga model utama, yakni varian take-off dan pendaratan konvensional F-35A, F-35B varian take-off pendek dan pendaratan vertikal, dan F-35C yang berbasis ketapel pengangkut untuk perbaikan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here