Masyarakat Ramai-Ramai Nobar Streaming Film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI di YouTube

Indonesiainside.id, Jakarta – Masyarakat ramai-ramai nobar atau nonton bareng film G30S/PKI yang diputar live streaming di media sosial. Hal ini untuk memperingati sejarah kelam pengkhianatan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang merongrong NKRI dan Pancasila.

Dalam pantauan redaksi di kanal YouTube Vlam Pictures, film streaming G30S/PKI yang tayang sekitar 45 menit lalu sudah ditonton oleh hampir dua puluh ribu orang dan terus bertambah.

Berbagai komentar muncul dari netizen yang diantaranya adalah mengecam keras kekejaman PKI di tahun 1965 yang membuat gugur sejumlah pahlawan revolusi dan juga korban sipil juga ulama.

Pemerintah Tidak Melarang Pemutaran Film G30S/PKI

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah tak melarang pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI.

“Ya, jadi banyak yang bertanya apakah pemutaran film, pengkhianatan G30S/PKI itu dibolehkan atau tidak, saya sudah mengatakan pemutaran film itu boleh tidak ada yang melarang, tapi juga tidak mewajibkan,” kata Mahfud dalam rekaman video yang diterima, di Jakarta, Selasa (29/9) malam.

Menurut dia, pemerintah hanya melarang bila penayangannya menimbulkan kerumunan yang dapat melanggar protokol kesehatan COVID-19.

“Dan itu berlaku bukan hanya untuk penonton film G30S/PKI tetapi untuk kegiatan apapun yang melanggar protokol kesehatan, itu dilarang,” tuturnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menambahkan Menteri Penerangan Muhammad Yunus Yosfiah pada era pemerintahan Presiden BJ Habibie pernah menyebut penghentian penayangan film tersebut menjadi sebuah keharusan. (EP)

Update:

Dalam pantauan redaksi hingga film ini selesai, sekitar 194 ribu penonton menyaksikan film sejarah ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here