Dunia Terkejut, Gelisah Melihat Kontroversi Debat Trump-Biden

Presiden Trump dan kandidat Joe Biden dari Partai Demokrat

Indonesiainside.id, Jakarta – Usai sudah debat pertama yang ‘panas’ antara calon presiden Amerika, Donald Trump dan Joe Biden.

Namun, mata dunia kita terfokus pada cara Trump-Biden berargumen dalam debat itu menyikapi berbagai persoalan. Banyak yang bingung tentang demokrasi Amerika, beberapa khawatir tentang krisis pascapemilu di sana.

“Jika tujuan debat presiden tadi malam adalah untuk menyampaikan informasi dan pendidikan, maka yang akan dicapai adalah memastikan penurunan kepercayaan pada politik Amerika, ketika Presiden Trump dan kandidat Joe Biden dari Partai Demokrat berpartisipasi dalam apa yang disebut kontes saling menyalahkan tanpa memperhatikan kebenaran, “tulis Michael Hewson, kepala analisis pasar di CMC Markets di Inggris, lansir VNexpress, Kamis(1/10).

Sementara banyak orang Eropa merindukan Amerika yang sebelumnya tenang, yang lain di Asia mengamati dengan cermat pergerakan pasar. Harga saham di Jepang terus menurun, dolar juga makin melemah terhadap yen Jepang dan euro. Pasar saham Eropa juga tidak bergejolak.

Kekhawatiran muncul setelah sesi debat, apakah hasil pemilu dapat disengketakan atau ditunda, karena Trump mengemukakan kekhawatiran tentang pemungutan suara dan kemungkinan penipuan. Dia menuding kemungkinan persekongkolan untuk mencegah masyarakat memilih.

“Pemilu sangat terpolarisasi dan litigasi akan segera terjadi,” kata Stephen Innes, pakar di AxiCorp, penyedia layanan perdagangan valuta asing. “Dengan suara kami melalui surat suara yang begitu tinggi dan lebih cenderung skeptis, kami mungkin susah menentukan siapa presiden AS berikutnya, ditambah dengan kekacauan konstitusional.”

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here