Pikiran Positif, Senang dan Bahagia Jadi Imunitas Kuat Melawan Covid-19

Sejumlah warga yang melakukan isolasi mandiri di Wisma Atlet melakukan olahraga bersama. foto: istimewa

Selain menjaga kebugaran tubuh dan makanan bergizi, ternyata menjaga perasaan agar tetap senang, bahagia, dan berpikiran positif juga ampuh melawan Covid-19. Menjaga suasana hati pasien Covid-19 agar tidak stres dan tertekan menjadi kunci penyembuhan dari virus ganas tersebut.

Pengalaman menangani pasien dan bekal ilmu kedokteran yang memadai membuat seorang dokter di Wisma Atlet Kemayoran, dr Debryna, mengambil kesimpulan tersebut. Dia mengatakan pasien yang berpikiran positif dan merasa bahagia memiliki imunitas yang kuat untuk menyembuhkan diri dari penyakit Covid-19.

Karena itu, Debryna mengimbau agar keluarga, kerabat dan teman pasien Covid-19 dapat membuat suasana hati pasien bahagia selama masa perawatan. Dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat, Debryna menceritakan berdasarkan pengalamannya.

Intinya, dia menyimpulkan bahwa banyak pasien yang merasa bahagia dan rileks saat perawatan, dapat sembuh dengan cepat dari Covid-19.

“Saya waktu belajar kedokteran, pernah belajar bahwa hati harus senang, hati yang bahagia jadi imunitas yang baik. cuma baru kali ini saya lihat secara riil kalau pasien yang pikirannya positif, yang bisa dibawa enjoy, itu beneran cepat banget, mulus banget sembuhnya,” kata Debryna yang sudah bertugas menjadi tim relawan dokter sejak Wisma Atlet dialihfungsikan menjadi Rumah Sakit Darurat dan Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19.

Debryna menceritakan, banyak rekannya yang merupakan sesama relawan tenaga medis terpapar Covid-19 dan harus dirawat di Unit Perawatan Intensif (ICU). Padahal rekannya adalah sosok yang selalu menjaga kesehatan dan taat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here