Covid-19 Dapat Disembuhkan, Ribuan Pasien di RSKI Galang Batam Dinyatakan Sehat

Pasien COVID-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (3/5/2020). Sebanyak 18 pasien COVID-19 yakni 15 ABK KM Kelud dan tiga anggota Polri Polda Kepri dinyatakan sembuh dan dipulangkan setelah menjalani perawatan dan dua kali tes swab dengan hasil negatif. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Batam – Ribuan pasien Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, dinyatakan sembuh.

Kepala RSKI Galang Kolonel Khairul Ihsan Nasution, yang dihubungi di Tanjungpinang, mengatakan sampai sekarang seluruh pasien yang dirawat telah sembuh. “Alhamdulillah, berkat usaha pasien, dokter, dan doa, seluruh pasien yang pernah dirawat di RSKI Galang, sembuh,” kata Khairul, Ahad (4/10).

Dokter Kin, demikian panggilan akrab Kolonel Khairul, mengatakan, tips sederhana agar pasien dapat sembuh, yakni tidak boleh stres atau depresi dan melakukan olahraga ringan setiap pagi dan sore selama dua jam. Kemudian, kata dia, pasien teratur minum madu dua kali sehari sebanyak dua sendok makan, dan mengonsumsi vitamin C1000 miligram sehari.

“Dokter, tenaga kesehatan dan perawat bersinergi merawat pasien secara maksimal, dengan memberi makanan bergizi dan obat-obatan yang dibutuhkan,” ujarnya.

Sejak 6 April sampai sekarang, RSKI Galang merawat sebanyak 3.294 orang, yang terdiri dari 1.235 orang pasien terkonfirmasi Covid-19 dan 2.059 orang suspek.

Saat ini, kata dia, jumlah pasien yang masih dirawat di RSKI Galang tersisa 197 orang. “Mudah-mudahan seluruh pasien segera sembuh, dan dapat beraktivitas,” ucapnya.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, keberadaan RSKI Galang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Awalnya, RSKI Galang merawat para pekerja migran Indonesia, namun beberapa bulan lalu masyarakat lokal yang terinfeksi Covid-19 juga dirawat di rumah sakit tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here