Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna: Jaga Pancasila dari Segala Rongrongan

Marsekal TNI Agus Supriatna saat melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata sewaktu masih menjabat. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Mantan Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, berharap TNI yang akan memasuki usia ke-75 pada Senin, 5 Oktober 2020, akan semakin kuat dalam menjaga sumpah setia kepada Pancasila, guna melindungi bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Supriatna, HUT ke-75 TNI besok merupakan momentum perenungan terbaik bagi semua keluarga besar TNI, mulai tingkatan prajurit hingga purnawirawan, tentang makna adanya Pancasila di dalam Sumpah Prajurit dan Sapta Marga.

“Setiap prajurit TNI hingga Purnawirawan harus berperan sentral dalam menjaga dan merawat ideologi negara Pancasila dari ancaman, rongrongan dan gangguan, baik dari luar maupun dalam negeri,” ujarnya dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad(4/10).

Pancasila adalah jiwa insan TNI dari prajurit sampai perwira tinggi purnawirawan. Karena itulah, Pancasila ada di dalam Sumpah Prajurit dan Sapta Marga supaya diterapkan dalam pola pikir dan pola sikap sehari-hari.

“Termasuk menempatkan Pancasila sebagai panduan utama yang menjiwai rasa nasionalisme setiap prajurit TNI,” ujar Supriatna.

Namun, kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dinamis di setiap lini yang terjadi saat ini, menurut dia, akan dibarengi dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia.

“Itu pasti akan berdampak pada perubahan cara pandang masyarakat terhadap Pancasila. Untuk itu, Pancasila perlu dilakukan revitalisasi untuk menyesuaikan dengan kondisi kekinian,” kata Supriatna.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here