2 Juta Buruh Ancam Mogok Nasional, Menaker Tulis Surat Terbuka

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (ANTARA/HO-Kementerian Ketenagakerjaan)

Indonesiainside.id, Jakarta – Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja disahkan di tengah kontroversi dan penolakan jutaan kaum buruh di Tanah Air. Meski telah disahkan, sekitar 2 juta buruh tetap akan melakukan aksi mogok nasional besok, Selasa (6/10).

Menyikapi rencana tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menulis surat terbuka untuk mereka. Surat “cinta” Menaker itu diberi judul “Hati Saya Bersama Mereka yang Bekerja dan yang Masih Menganggur”.

Bu Menteri meminta serikat pekerja dan buruh mengurungkan niat terkait rencana aksi mogok nasional hingga Kamis (8/10). Ibu Menteri meminta mereka mempertimbangkan ulang dan berbicara di meja dialog.

“Kepada teman-teman serikat pekerja/serikat buruh, sejak awal 2020 kita telah mulai berdialog tentang RUU Cipta Kerja, baik secara formal melalui lembaga Tripartit, maupun secara informal. Aspirasi kalian sudah kami dengar, sudah kami pahami. Sedapat mungkin aspirasi ini kami sertakan menjadi bagian dari RUU ini. Pada saat yang sama kami juga menerima aspirasi dari berbagai kalangan,” tulis Menaker yang akrab disapa Mbak Ida dalam surat terbuka yang diterima dari Kementerian Ketenagakerjaan di Jakarta pada Senin malam.

Mbak Ida mengatakan sudah berupaya mencari titik keseimbangan antara melindungi yang telah bekerja dan memberi kesempatan kerja pada jutaan orang yang masih menganggur, yang tak punya penghasilan dan kebanggaan. Dia mengakui hal itu tidak mudah memang, tapi pihaknya sudah memperjuangkan dengan sebaik-baiknya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here