Indonesia Berharap Masuk Daftar Negara yang Diizinkan Umrah oleh Arab Saudi

Sejumlah kecil jemaah pada hari Ahad (4/10) mulai menjalankan ibadah umrah. Foto: Twitter

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan Arab Saudi agar masuk ke dalam daftar negara yang diizinkan untuk mengirimkan jemaah umrah pada masa pandemi Covid-19.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan sejauh ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut dari Arab Saudi sejauh ini, namun Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah menyampaikan harapan Indonesia secara langsung kepada pemerintah Saudi.

“Di antaranya Menlteri Luar Negeri RI sudah berbicara dengan Menteri Luar Negeri Saudi,” kata Faizasyah melalui pesan tertulis, Senin.

Dia mengatakan Saudi telah mencatat secara positif keinginan dari Indonesia tersebut. Saudi akan mengizinkan muslim dari luar negeri untuk umrah mulai 1 November 2020. Namun Saudi belum mengumumkan jemaah dari negara mana saja yang diizinkan masuk.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia juga merupakan pengirim jemaah umrah terbesar kedua setelah Pakistan. Sebanyak 947.650 orang Indonesia melaksanakan umrah pada 2019, sedangkan pada 2018 jumlahnya mencapai 1 juta orang.

Namun di sisi lain, kasus Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah dengan total 307.120 orang hingga Senin, dimana 232.593 pasien telah sembuh dan 11.253 pasien meninggal. Indonesia merupakan negara dengan kasus Covid-19 tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Filipina. (Aza/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here