Pilpres Masih Jauh, Hasil Survei Lambungkan Ganjar dan Emil, Prabowo dan Anies Senasib

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh, sejumlah lembaga survei terus melambungkan nama-nama yang dibidik untuk maju sebagai calon presiden.

Dua nama yang paling sering dimunculkan adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil. Kedua gubernur ini mengungguli semua tokoh yang disebut-sebut layak menjadi calon presiden (capres).

Sebaliknya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto selalu senasib. Hasil surveinya selalu menurun. Demikian juga dengan pengusaha muda Sandiaga Salahuddin Uno. Tiga nama perlahan tenggelam lewat sebuah survei.

Hasil survei terbaru dilansir oleh Voxpopuli Research Center. Lembaga ini mengumumkan bahwa elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto melemah dari 18,6 persen pada bulan Juni 2020 menjadi 17,1 persen. Sebenarnya beda tipis dengan Ganjar Prabowo. Namun, kata peneliti survei ini, Ganjar sudah berhasil mengungguli Prabowo.

Faktanya, hasil surei Ganjar memang naik dari 15,6 persen menjadi 17,6 persen, atau naik 2 persen. Dengan kenaikan itu, posisi Ganjar kini telah menyalip Prabowo dengan selisih tipis 0,5 persen.

“Ganjar berhasil mengungguli Prabowo, memastikan posisi Ganjar sebagai penantang kuat jika Prabowo maju calon presiden pada Pemilu 2024,” kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (5/10).

Gayung bersambut, elektabilitas Ganjar paralel dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kang Emil sepertinya selalu bernasib baik seperti halnya Ganjar. “Seperti halnya Ganjar, elektabilitas Kang Emil juga melesat dari sebelumnya 10,6 persen menjadi 13,2 persen, atau naik 2,6 persen,” kata Dika.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here