Lagi Santai di Hutan Disergap TNI, Satu Anggota KKB Tewas Lainnya Kabur, Dompet Isi Uang Rp15 Juta pun Ketinggalan

Operasi gabungan TNI-Polri mengamankan desa-desa di Nduga, Papua, pasca penembakan kelompok bersenjata awal Desember. (Foto: Kapendam VXII Cendrawasih Papua)

Indonesiainside.id, Jayapura – Kontak senjata kembali terjadi antara pasukan TNI dengan kelompok separatis teroris bersenjata (KKB) di wilayah Papua. Dalam baku tembak tersebut satu anggota KSB tewas.

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kol Czi IGN Suriastawa menjelaskan kontak tembak terjadi pada Sabtu (3/10).

Kontak senjata itu menewaskan salah seorang anggota KSB yang merupakan anak buah dari Egianus Kogoya di Distrik Dal Kabupaten Nduga, Papua.

Menurut Suriastawa baku tembak terjadi saat pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melaksanakan patroli rutin di Distrik Dal yang dicurigai menjadi jalur lintasan gerombolan KSB.

“Saat itu waktu menunjukkan pukul 12.00 WIT, pasukan TNI yang berada di ketinggian melihat kepulan asap dari rerimbunan hutan di Distrik Dal,” kata Suriastawa melalui keterangan resminya.

Melihat kepulan asap di balik rerimbun hutan lalu pasukan TNI berusaha mendekati lokasi. Selanjutnya pasukan TNI berusaha melakukan pengintaian dan mendekati sasaran secara senyap. Saat berusaha mendekati asal asap, pasukan TNI melihat sebuah honae ‘rumah tradisional Papua’ dan terdengar percakapan dari beberapa orang.

Suriastawa mengatakan diperkirakan ada empat hingga lima orang bercakap-cakap di balik honae yang berada di tengah hutan. Setelah pengintaian selama empat jam dan mendekati sasaran, pasukan TNI berhasil mengepung lokasi honae.

“Terlihat dua orang keluar dari dalam honae dan nampak jelas satu orang sedang menenteng satu pucuk senjata laras panjang. Keduanya terlihat sedang asik berbincang di luar honae,” jelas Suriastawa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here