Masih Banyak Orang Indonesia Tak Percaya Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19 buatan Rusia. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Gorontalo – Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Doni Monarno mengatakan, masih banyak orang Indonesia tidak percaya dengan Covid019. Hingga saat ini, ada 17 persen warga di Indonesia tak percaya akan tertular Covid-19. Inilah yang menjadi tantangan bagi pemerintah.

“Angka 17 persen ini setara dengan 44,9 juta orang, itu angka yang sangat sangat tinggi sekali. Untuk Gorontalo angkanya relatif kecil 16,56 persen dibandingkan Maluku 29,18 persen dan Sulawesi Utara 27,66 persen,” ungkapnya saat rapat koordinasi dengan pemerintah se Gorontalo di aula rumah dinas gubernur di Gorontalo, Rabu (7/10).

Menurutnya, peningkatan kasus positif dan kematian karena Covid-19 di Indonesia semakin banyak, namun masih ada yang tidak mempercayainya. Kasatgas Nasional Covid-19 itu menekankan tentang pentingnya memberikan pemahaman dan edukasi masyarakat hingga level bawah bahwa virus ini nyata.

Caranya dengan melibatkan semua pihak hingga tingkat RT dan RW, tokoh agama dan tokoh adat pada level kepercayaan dan budaya, orang tua di level keluarga dan peran media di skala yang lebih luas.

“Selama vaksin dan obat virus corona belum ditemukan, maka vaksin terbaik saat ini yakni patuh terhadap protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta sering mencuci tangan. Protokol kesehatan ini tidak sebanding dengan upaya dokter dan tenaga medis yang setiap hari menangani pasien yang terpapar Covid,” jelasnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here