Penampakan Terkini Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja di Sekitar Istana Merdeka

Aksi demonstrasi mahasiswa menolak UU Cipta Kerja di sekitar istana. Foto: Suandri Ansah/Indonesiainside

Indonesiainside.id, Jakarta – Demonstrasi menolak RUU Omnibus Law Cipta Kerja mulai ramai dan aktif berorasi. Mahasiswa dan sejumlah pelajar memadati ruas jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Situasi berjalan dinamis. Kadang kericuhan kecil meletup-letup di antara peserta aksi, lalu kembali kondusif dan bernyanyi-nyanyi.

Sebagaimana lazimnya aksi jalanan orasi terkait tujuan demonstrasi dan yel-yel juga dimainkan. Ditambah sumpah serapah terhadap DPR RI yang mengesahkan RUU Cipta Kerja.

Puluhan Brimob berjaga-jaga di hadapan demonstran. Keduanya dipisahkan dengan kawat berduri tak jauh dari lokasi aksi, di depan Patung Arjuna Wijaya.

Puluhan anggota Brimob mengawalnya jalannya penyampaian aspirasi masyarakat menolak UU Cipta Kerja di sekitar Monas dan Istana. Foto: Suandri Ansah/Indonesia Inside

Tiga unit water cannon dan sejumlah kendaraan pemecah massa parkir siaga. Sewaktu-waktu siap menyembur dan membubarkan massa bila kerusuhan pecah.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, ribuan pasukan Brimob dari luar daerah diperbantukan ke Jakarta untuk antisipasi keamanan.

“Iya benar, kita sudah koordinasi dengan BKO (bawah kendali operasi) Brimob Nusantara. Total sebanyak 2.500 personel diperbantukan ke Jakarta untuk memback up Polda Metro Jaya dan 200 personel untuk back up Polda Jabar ya,” jelas Brigjen Pol Awi Setiono Kamis (8/10).

Salah satu mahasiswa membawa poster menyuarakan penolakan mereka atas UU Ciptaker yang disahkan DPR pada Senin(5/10). Foto: Suandri Ansah/Indonesia Inside
DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here