Protes RUU Omnibus Law Cipta Kerja Mulai Berlangsung di Silang Monas

Aksi mahasiswa demo UU Ciptaker di Silang Monas. Foto: Suandri Ansah/Indonesia Inside

Indonesiainside.id, Jakarta – Protes terhadap pengesahan RUU Omnibus Law Cipta Kerja di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat mulai berlangsung. Ratusan mahasiswa telah berdatangan dan berkerumun di bundaran Monas.

Mereka datang dari berbagai universitas di Jakarta. Membawa spanduk berisi nada protes dan dengungan orasi.

“RUU Omnibus Law sudah menjadi undang-undang. Kalau bisa dibilang jagal kita sudah telat,” seorang mahasiswa bermonolog di depan Patung Arjuna, Kamis (8/10).

Jalan Merdeka Barat di kedua arah ditutup kepolisian lalu lintas. Sebuah water cannon nampak siaga tak jauh dari halte bus Transjakarta Monas.

Polisi dan TNI berjaga. Kawat berduri telah dipasang di dekat jembatan penyebrangan orang untuk menghalau demonstran mendekati Istana Merdeka.

Sementara itu belum nampak massa dari elemen buruh. Mereka rencananya akan bergabung bersama aksi mahasiswa hari ini.

Aksi demonstrasi hari ini tak berjalan mulus. Sebelumnya, polisi mengadang satu unit truk yang sedang mengangkut puluhan demonstran berusia remaja di Jalan Raya Bekasi, Cakung, Jakarta Timur.

“Saya diajak teman mau ke Senayan,” kata salah satu remaja berinisial RD (16) di Jakarta.

TNI dan Polri tampak berjaga-jaga di sekitar Simpang Jalan Raya Bekasi-Cakung untuk mengawasi situasi wilayah perbatasan DKI Jakarta dengan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Satu unit truk yang mengangkut sekitar 50 penumpang remaja berpakaian bebas distop aparat sebab menumpang kendaraan secara tidak aman.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here