10 Tank Armenia Hancur Dihantam Roket Azerbaijan

Tangkapan layar drone menghancurkan kendaraan militer Armenia

Indonesiainside.id, Baku – Selama operasi yang sedang berlangsung untuk membebaskan wilayah yang diduduki Armenia, tentara Azerbaijan kembali menghancurkan 10 tank Armenia lainnya, kata sebuah pernyataan resmi pada Kamis.

Dalam bentrokan militer pada 7 Oktober, enam howitzer D-20, satu artileri self-propelled Akatsia, dan 30 jenis dan model kendaraan militer berbeda berhasil dihancurkan, kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan dalam sebuah pernyataan.

Data terbaru mengatakan bahwa sejak tentara Armenia menyerang pada 27 September lalu, tentara Azerbaijan telah menghancurkan 260 tank dan kendaraan lapis baja, 277 sistem artileri dan roket, 60 sistem pertahanan udara, satu sistem pertahanan udara jarak jauh S-300, 11 Pos pengamatan, delapan depot amunisi, dan 180 truk dan kendaraan militer milik Armenia.

Hubungan antara dua negara bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Upper Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Sejumlah resolusi PBB serta banyak organisasi internasional menuntut penarikan pasukan Armenia dari wilayah tersebut.

OSCE Minsk Group – diketuai bersama oleh Prancis, Rusia, dan Amerika Serikat – dibentuk pada 1992 untuk menemukan solusi damai bagi konflik itu, tetapi upayanya tak kunjung berhasil.

Gencatan senjata, bagaimanapun, disepakati pada 1994. Banyak kekuatan dunia telah menyerukan gencatan senjata segera. Turki, sementara itu, mendukung hak Baku untuk membela diri.(EP/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here