Virus Corona Bertahan Selama 28 Hari di Uang Kertas dan Layar Ponsel, Tapi Jangan Takut

Covid-19 dapat bertahan selama 28 hari di layar ponsel dan uang kertas. Foto: net

Indonesiainside.id, London – Virus Covid-19 dapat tetap menular melalui permukaan seperti uang kertas, layar ponsel, dan baja tahan karat selama 28 hari, kata para peneliti.

Temuan dari Badan Sains Nasional Australia menunjukkan SARS-Cov-2 dapat bertahan lebih lama dari yang diperkirakan.

Namun, percobaan itu dilakukan dalam kegelapan. Sinar UV telah terbukti dapat membunuh virus.

Beberapa ahli juga meragukan ancaman sebenarnya yang ditimbulkan oleh transmisi permukaan dalam kehidupan nyata.

Virus corona sebagian besar ditularkan saat orang batuk, bersin, atau berbicara. Tapi ada juga bukti bahwa itu juga bisa disebarkan oleh partikel yang menggantung di udara.

Mungkin juga seseorang bisa tertular Covid-19 dengan menyentuh permukaan yang terinfeksi seperti logam atau plastik, menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS. Namun, ini diyakini jauh lebih jarang terjadi.

Tes-tes laboratorium sebelumnya telah menemukan bahwa SARS-Cov-2 dapat bertahan selama dua hingga tiga hari pada uang kertas dan kaca, dan hingga enam hari pada plastik dan baja tahan karat, meskipun hasilnya bervariasi.

Namun, penelitian dari lembaga Australia CSIRO menemukan virus itu “sangat kuat,” dan mampu bertahan selama 28 hari pada permukaan halus seperti kaca yang ditemukan pada layar ponsel dan uang berbahan plastik dan kertas, ketika disimpan pada suhu 20C, yaitu sekitar rata-rata suhu ruangan, dan dalam gelap.

Sebagai perbandingan, virus flu bisa bertahan dalam keadaan yang sama selama 17 hari.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here