Indonesia Segera Miliki Bank Syariah Berskala Global

Ilustrasi perbankan syariah. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Indonesia segera memiliki bank syariah terbesar secara nasional dan juga secara global melalui proses merger tiga bank syariah BUMN.

Ketiga bank syariah yang akan digabungkan adalah Bank BRI Syariah, Bank Syariah Mandir, dan Bank BNI Syariah. Ketiga bank tersebut akan digabung menjadi satu di dalam entitas Bank BRI Syariah.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan, pada Selasa, proses merger ini akan membuat bank syariah hasil merger memiliki jangkauan yang lebih luas sehingga bisa menarik investor lokal dan global. Bank syariah baru ini nantinya diharapkan menggarap bisnis industri halal Indonesia yang potensinya mencapai Rp4.800 triliun pada 2024.

“Banyak investor yang menantikan langkah monumental ini karena potensi ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal di Indonesia bisa mencapai Rp4.800 triliun di 2024,” kata Catur, dalam konferensi pers virtual, Selasa.

Saat ini proses merger sudah memasuki tahap Conditional Merger Agreement (CMA) atau kesepakatan awal merger. Selanjutnya, pada 20 atau 21 Oktober nanti, pemerintah akan mengumumkan proses merger dan meminta izin merger kepada otoritas pengawasan bank, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan otoritas pasar modal Indonesia.

“Kemudian pada Februari 2021 akan ada legal merger sebagai proses penggabungan tiga bank syariah secara resmi,” ungkap Hery Gunardi, Ketua Tim Project Management Office dan Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here