Rudal Balistik Tochka-U Armenia Targetkan Warga Sipil Azerbaijan

Rudal balistik taktis Tochka-U. Foto: DS

Indonesiainside.id, Jakarta – Militer Armenia melakukan kejahatan perang dengan menggunakan rudal balistik taktis Tochka-U untuk melakukan serangan terhadap warga sipil Azerbaijan, kata seorang ahli.

Azer Huseyinov, kepala ahli Azerbaijan National Agency for Mine Action (ANAMA) mencatat bahwa serangan Armenia menewaskan sembilan warga sipil Azerbaijan di kota Ganja menggunakan rudal Tochka-U, yang hulu ledaknya dapat diganti dengan nuklir, kimia atau biologis.

Huseyinov mengatakan salah satu rudal yang diluncurkan oleh Armenia mendarat di lapangan dekat kota Fuzuli.

“Kami segera tiba di wilayah itu dan berjaga di luar daerah dan memperingatkan penduduk untuk menjauh dari lapangan,” kata Huseyinov, menambahkan bahwa militer Armenia secara khusus menargetkan daerah sipil daripada target militer.

“Ini adalah kejahatan perang. Mereka juga meluncurkan roket dengan jangkauan serupa di Ganja,” katanya.

Pada hari Minggu, Azerbaijan mengatakan penembakan oleh pasukan Armenia di Ganja, kota terbesar kedua di negara itu, telah menyebabkan sembilan orang tewas, satu hari setelah gencatan senjata antara kedua belah pihak telah diberlakukan.

Dengan korban terbaru, jumlah total warga sipil Azerbaijan yang terbunuh oleh warga Armenia naik menjadi 41.

Sejak 27 September, sekitar 25 pasukan penjinak bom telah bekerja untuk meledakkan roket, rudal, dan bahan peledak yang dikirim oleh militer Armenia, menurut ahli itu, yang mengatakan mereka telah menerima lebih dari 400 panggilan dan telah menemukan lebih dari 70 amunisi yang belum meledak.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here