Jepang Pamer Kapal Selam Baru di Tengah Ketegangannya dengan China

ustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

Indonesiainside.id, Jakarta – Di tengah meningkatnya ketegangan dengan China, Jepang memamerkan kapal selam baru angkatan laut pada Rabu (14/10). Taigei seberat 3.000 ton, atau ikan paus besar, diproduksi oleh Mitsubishi Heavy Industries Ltd, dan akan beroperasi pada Maret 2022

Menurut Kyodo News, kapal selam ini sedang dibangun di galangan kapal Jepang Barat. Dengan 70 awak, Taigei akan menjadi kapal ke-22 di armada kapal selam Angkatan Laut Bela Diri Jepang.

Kapal selam ini memiliki panjang 84 meter dan lebar 9,1 meter dan biaya produksinya menelan sekitar USD720 juta. Pengumuman itu dikeluarkan di tengah memanasnya hubungan Jepang dan China karena Laut China Timur, di mana Tokyo menuding Beijing melanggar perairan teritorial negara itu.

Jepang mengklaim bahwa kapal penjaga pantai China memasuki perairan teritorialnya di dekat Kepulauan Senkaku di Laut China Timur pekan lalu. Penjaga Pantai Jepang mengatakan kapal-kapal China berada perairannya selama 57 jam dan 39 menit, melebihi rekor sebelumnya yaitu 39 jam dan 23 menit.

Tokyo ingin meningkatkan jumlah kapal selamnya dari 16 menjadi 22 sebagai bagian dari Pedoman Program Pertahanan Nasional 2010. (Aza/AA)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here