10 Rudal Mendarat di Perbatasannya, Iran Peringatkan Armenia dan Azerbaijan

Roket yang jatuh di dekat perbatasan Iran. Foto: dailysabah

Indonesiainside.id, Jakarta – Rudal yang ditembakkan di wilayah pendudukan Armenia-Nagorno-Karabakh menghantam provinsi Azerbaijan Timur yang berbatasan dengan Iran, ungkap media pemerintah Iran pada Kamis(15/10).

“Sedikitnya 10 rudal mendarat di dua desa di distrik Khudaferin, melukai seorang warga sipil ketika satu menghantam sebuah rumah,” kata Gubernur distrik Ali Emiri Rad kepada Kantor Berita IRNA.

Iran lantas memperingatkan Armenia dan Azerbaijan setelah insiden itu.

“Keamanan warga kami yang tinggal di daerah perbatasan adalah garis merah angkatan bersenjata kami,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan lain kali, Iran tidak akan tetap acuh tak acuh.

Hubungan antara dua bekas republik Soviet itu tegang sejak 1991 ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Bentrokan baru-baru ini meletus 27 September, dan Armenia sejak itu melanjutkan serangan terhadap pasukan Azerbaijan dan warga sipil.

Turki telah mendukung hak Baku (Azerbaijan) untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia.

Kantor Jaksa Agung Azerbaijan mengatakan Kamis bahwa sedikitnya 43 warga sipil telah tewas dan 218 luka-luka dalam serangan baru Armenia.

Serangan tersebut juga menyebabkan 1.592 rumah, 79 apartemen, dan 290 bangunan umum tidak dapat digunakan.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here