Setelah 20 Tahun, Pebalap Suzuki Kini di Pucuk Klasemen MotoGP

Joan Mir

Indonesiainside.id, Jakarta – Pebalap Suzuki Joan Mir merebut pucuk klasemen sementara MotoGP setelah di Grand Prix Aragon, Spanyol, ia naik podium untuk kelima kalinya dari tujuh balapan terakhir.

Pebalap tim Suzuki Ecstar itu menggeser Fabio Quartararo ke peringkat dua dengan selisih enam angka dengan lima balapan tersisa musim ini setelah sang rival dari tim Petronas Yamaha gagal finis di zona poin di Aragon.

Mir menjadi pebalap Suzuki pertama yang memimpin perolehan poin klasemen setelah 20 tahun, kala Kenny Roberts Jr membawa pabrikan Hamamatsu itu di puncak pada 2000.

Meski belum pernah memenangi grand prix sejak tampil di Malaysia di kelas Moto3 pada 2017, penampilan konsisten Mir sejak GP Austria tahun ini membuahkan hasil.

“Ini sangat positif karena kami meraih poin penting untuk kejuaraan,” kata Mir setelah finis P3 di Aragon seperti dikutip laman resmi MotoGP.

Pebalap Spanyol itu kali ini kalah dari rekan satu tim sekaligus kompatriot Alex Rins yang membuat fan MotoGP tahun ini menyaksikan delapan pemenang balapan yang berbeda setelah sepuluh seri digelar.

Rookie tim Repsol Honda Alex Marquez memisahkan kedua pebalap Suzuki itu untuk merebut runner-up keduanya secara beruntun musim ini.

“Jujur aku sedikit kecewa, aku berharap lebih di bagian terakhir balapan, aku menghemat ban belakang dengan membalap dengan tenang di bagian pertama lomba,” kata Mir.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here